Kekurangan Jika Menjadi AVSEC Bandara yang Perlu Anda Ketahui

Kekurangan Jika Menjadi AVSEC Bandara yang Perlu Anda Ketahui

Tentu kita memperhatikan perkembangan dunia penerbangan yang bergerak begitu cepat salah satunya dipengaruhi karena pertumbuhan jumlah penumpang yang semakin tahun semakin tinggi. Adapun tingkat laju pertumbuhan pengguna transportasi udara berkisar 9% setiap tahun.

Meskipun demikian tingkat laju pertumbuhan penumpang yang begitu tinggi ini tentu membutuhkan SDM pekerja yang tidak sedikit banyak. Terlebih dengan semakin bertambah banyaknya promo dan diskon yang diberikan oleh maskapai perusahaan penerbangan yang ada.

Alhasil perlu jumlah staff SDM agar mampu menjaga bahkan meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada setiap penumpang.

Sejarah adanya petugas AVSEC (Aviation Security) telah dikenal semenjak awal abad ke 20. Saat itu terjadi pembajakan pesawat udara komersil di Peru sekitar tahun 1931.

Kejadian ini merupakan tindakan kejahatan di udara yang pertama terhadap penerbangan komersil. Alhasil karena kejadian terjadi berulang-ulang menimpa berbagi penerbangan komersil maka dibentuklah AVSEC.

Baca Juga : Peluang Kerja Menjadi STAFF Penerbangan Ternyata Masih Sangat Besar

Adapun setelah kejadian tersebut petugas AVSEC diberikan tugas pokok untuk menjamin keamanan dan keselamatan penerbangan di Indonesia.

Selain itu petugas AVSEC Bandara Angkasa Pura juga  memberikan perlindungan keamanan terhadap awak pesawat udara, pesawat udara, penumpang dari tindakan kriminal.

Seorang petugas AVSEC Bandara Angkasa Pura merupakan petugas Keamanan tentu telah memiliki lisensi yang dibuktikan dengan SKTP. Adapun tugas yang diberikan mencakup tanggung jawab di bidang keamanan penerbangan terutama pada area bandara.

AVSEC Bandara Indonesia merupakan suatu tim pengamanan Bandara yang mana dibentuk oleh PT. Angkasa Pura. Hal ini bertujuan untuk memenuhi aturan-aturan internasional sebagai pengelola dan penyedia jasa keamanan bandara.

Persyaratan Menjadi AVSEC Bandara

Jika Anda ingin bekerja menjadi seorang petugas AVSEC Bandara maka pastikan Anda telah memenuhi syarat sebagai berikut yakni:

  • Warga Negara Indonesia
  • Pria / Wanita
  • Berusia maksimal 28 tahun
  • Lulusan SMA
  • Belum pernah menikah
  • Berbadan sehat
  • Tinggi badan, pria minimal 168 cm dan wanita 163 cm
  • Tidak memiliki tatto, tindik, berkacamata dan buta warna
  • Untuk PKP-PK diutamakan mempunyai SIM
  • Mampu berbahasa Inggris
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  • Bersedia ditempatkan di mana saja
  • Mengikuti seluruh tahapan seleksi

Kekurangan Jika Menjadi AVSEC Bandara

Setiap profesi tentu memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan tersendiri termasuk demikian pula dengan jenis profesi Avian Security Bandara. Selain memiliki beberapa kelebihan, profesi ini juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini beberapa hal kekurangan jika menjadi AVSEC Bandara Angkasa Pura.

1. Tanggung Jawab Berat

Tanggung jawab yang diemban seorang petugas Avian Security sangatlah berat, bahkan tidak ringan. Adapun tanggung jawab pokoknya adalah bertanggung jawab terhadap keamanan penerbangan pada area tempat bertugas.

2. Tugas yang Menguras Tenaga

Meskipun bagi sebagian orang terlihat ringan, akan tetapi tugas yang diberikan kepada Avian Security sangatlah menguras tenaga. Salah satunya dikarenakan beberapa hal yakni memiliki tugas mengamankan beberapa fasilitas bandara.

Selain itu juga memeriksa penumpang dan bagasi bawaan dari barang-barang yang terlarang di bandara.

3. Kondisi yang Tidak Diprediksi

Situasi dibandara memang umumnya kondusif apabila rute penerbangan yang ada berjalan lancar. Akan tetapi kondisi ini tidak selamanya berjalan sesuai rencana, tidak jarang terjadi beberapa penundaan rute penerbangan dimana membuat penumpang merasa dikecewakan.

Baca Juga : Apakah Anda Punya Potensi Untuk Menjadi Pramugari? Coba Cek Disini

Kondisi ini tidak jarang membuat sebagian mengamuk atau membuat ulah yang tentu harus segera dikondisikan. Selain itu apabila terjadi situasi gawat darurat tentu tugas seorang AVSEC Bandara akan semakin banyak.

Kekurangan jika menjadi AVSEC Bandara tentu juga akan sebanding dengan gaji yang didapatkan seorang Aviation Security Bandara Angkasa Pura.

Informasi Sekolah Penerbangan

Bagi kalian yang berminat bekerja di dunia penerbangan, seperti menjadi pramugari, pramugara, ataupun staff penerbangan tidak ada salahnya mengikuti pendidikan di sekolah penerbangan. FAAST Penerbangan merupakan salah satu sekolah penerbangan terbaik yang ada di Indonesia.

FAAST Penerbangan memiliki fasilitas yang memadai, didukung dengan instruktur yang berpengalaman dibidangnya, serta biaya pendidikan yang terjangkau membuat sekolah ini menjadi sekolah penerbangan yang wajib kalian pilih. Untuk informasi selengkapnya kalian bisa mengunjungi website FAAST Penerbangan.

Demikian ulasan tentang Kekurangan Jika Menjadi AVSEC Bandara yang Perlu Anda Ketahui. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website at WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: