Apa tugas utama STAFF penerbangan? Cek Disini Jawabannya!

Apa tugas utama STAFF penerbangan? Cek Disini Jawabannya!

Apa tugas utama STAFF penerbangan ketika bertugas di bandara? Profesi sebagai STAFF penerbangan, bukan hanya memberi pelayanan yang ramah saja. Ada beberapa tugas utama dari STAFF penerbangan ketika bertugas di bandara maupun di pesawat. Tugas tersebut sekilas terlihat sepele, namun hal itu merupakan sesuatu yang paling penting dalam penerbangan.

Melakukan Briefing

Sebelum melakukan perjalanan, akan dilakukan briefing terlebih dahulu. Briefing ini bertujuan untuk koordinasi dan mendiskusikan persiapan dalam penerbangan. Hal ini dilakukan oleh antara STAFF penerbangan dengan penumpang, namun juga seliruh STAFF penerbangan yang terlibat.

Baca Juga : Apakah Syarat Menjadi Pramugari Harus Cantik? Inilah Syarat Pramugari

Tujuan dari briefing ini adalah memastikan seluruh persiapan penerbangan. Serta memastikan bahwa tidak ada satu pun persiapan yang terlewatkan maupun dilupakan. Selain itu juga memastikan keselamatan dalam penerbangan supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Checking Peralatan Keselamatan

Tugas utama STAFF penerbangan ketika bertugas di bendara yang paling utama adalah mengecheck peralatan keselamatan. Walaupun peralatan telah dipersiapkan, harus dilakukan ceck ulang.

Serta memastikan setiap orang baik STAFF penerbangan hingga penumpang telah disediakan peralatan keselamatan masing-masing. Seluruh peralatan keselamatan yang telah disiapkan harus dalam keadaan siap pakai.

Mengecheck persediaan makanan dan minuman

Mendapatkan makanan dan minuman merupakan fasilitas yang diberikan oleh maskapai penerbangan kepada para penumpang. Oleh karena itu harus dilakukan pengechekan persediaan makanan.

Apakah persediaan tersebut cukup untuk semua penumpang serta para STAFF penerbangan atau kurang. Jika persediaan makanan kurang, dapat segera untuk melengkapi persediaan makanan terlebih dahulu sebelum melakukan penerbangan.

Kondisi makanan yang tersedia harus dalam kondisi yang bagus. Serta kondisi makanan belum expired atau kadaluarsa atau basi. Selain itu kondisi kemasan makanan harus terlihat rapi, bersih dan tidak berantakan.

Memastikan Pesawat Dalam Konsidi Siap Untuk Melakukan Penerbangan

Hal ini merupakan tugas utama STAFF penerbangan ketika bertugas di bandara. Selain mempersiapkan segala hal yang diperlukan dalam penerbangan, juga memastikan apakan pesawat telah siap untuk melakukan penerbangan.

Jika telah siap melakukan penerbangan, para staff penerbangan akan memberikan peringatan bahwa pesawat akan segera terbang. Dalam memastikan pesawat telah siap untuk melakukan penerbangan, para STAFF penerbangan juga harus memastikan kenyamanan semua penumpang tanpa terkecuali.

Sehingga apabila terdapat ketidak nyamanan akan segera diatasi dan memastikannya bahwa dalam kondisi baik. Hal ini dilakukan juga bertujuan komersial supaya para penumpang akan memakai jasa penerbangan dari maskapai tersebut.

Safety flight atau keselamatan dalam penerbangan

Sebelum melakukan penerbangan para STAFF penerbangan akan memberikan panduan kepada penumpang dalam hal keselamatan. Para STAFF penerbangan juga memperagakan bagaimana cara untuk menggunakan peralatan keselamatan dengan cepat dan benar. Hal ini dilakukan supaya penumpang mengerti dan mematuhi aturan dalam safety flight. Sehingga keselamatannya terjamin.

Baca Juga : Apakah Pramugari Ada Gaji Pensiun Layaknya PNS? Inilah Jawabannya

Ramah Dan Sopan Terhadap Semua Penumpang Tanpa Terkecuali

Selain melakukan dan memastikan persiapan dalam penerbangan, para STAFF penerbangan juga harus bersikap ramah dan sopan terhadap semua penumpang. Serta tidak membeda – bedakan sikap antara penumpang kelas ekonomi atau eksekutif atau vip. Selain itu tidak memperlihatkan wajah yang kurang menyenangkan, sedih atau marah. Kemudian STAFF penerbangan juga harus menjaga kestabilan emosi dalam kondisi ceria.

Itulah tugas utama STAFF penerbangan ketika bertugas di bandara. Tugas utama tersebut merupakan tugas persiapan keselamatan dalam penerbangan. Hal ini bertujuan supaya tidak mengalami peristiwa yang tidak diinginkan baik selama penerbangan maupun sesudahnya. Selain itu para STAFF penerbangan juga harus selalu menjaga penampilan yang rapi dalam kondisi apapun.

Informasi Sekolah Penerbangan

Bagi kalian yang berminat bekerja di dunia penerbangan, seperti menjadi pramugari, pramugara, ataupun staff penerbangan tidak ada salahnya mengikuti pendidikan di sekolah penerbangan. FAAST Penerbangan merupakan salah satu sekolah penerbangan terbaik yang ada di Indonesia.

FAAST Penerbangan memiliki fasilitas yang memadai, didukung dengan instruktur yang berpengalaman dibidangnya, serta biaya pendidikan yang terjangkau membuat sekolah ini menjadi sekolah penerbangan yang wajib kalian pilih. Untuk informasi selengkapnya kalian bisa mengunjungi website FAAST Penerbangan.

Demikian ulasan tentang Apa tugas utama STAFF penerbangan? Semoga dapat bermanfaat.

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started